Translate

berita dari news.detik

Kamis, 06 Desember 2012

Tips Berbelanja Online


Tips Berbelanja Online - Pada artikel kali ini Lintas Berita akan berbagi beberapa Tips Berbelanja Online. Trend berbelanja secara online dari tahun ke tahun semakin menunjukan peningkatan yang tajam. Peningkatan tersebut disebabkan karena saat ini semua jenis barang bisa kita dapatkan secara online.

Dari produk kosmetik, fashion, baju wanita murah, elektronik, kendaraan, tiket pesawat, hotel bahkan hingga properti pun bisa kita pesan secara online. Dengan sistem online memang membuat mudah kita dalam bertransaksi. Hal yang paling utama dalam melakukan transaksi secara online adalah ” saling percaya “. Antara penjual dan pembeli harus memiliki rasa saling percaya antara satu dengan lainnya.
Menurut survey yang dilakukan sebuah lembaga survey bahwa peningkatan tren berbelanja secara online mengalami peningkatan hingga 20 % setiap bulannya, tren tersebut semakin meningkat menjelang hari – hari besar seperti Lebaran Idul Fitri dan akhir tahun. Barang yang dibeli dari transaksi online adalah elektronik disusul dengan produk fashion wanita.
Saya sendiri juga pernah melakukan transaksi pembelian secara online, waktu itu saya membeli sebuah baju kaos dan saya melakukan pembayaran dengan mentransfer uang ke rekening penjual. Tetapi, waktu barangnya sudah sampai di tangan, saya merasa sangat tidak puas dengan kondisi barang yang saya pesan. Warna barang saja tidak sama dengan warna yang diiklankan di internet. Nah, karena itu kita benar-benar harus hati-hati saat membeli barang melalui internet. Bahkan banyak kasus penipuan yang terjadi karena penjual yang tidak jelas keberadaannya ini. Saya akan mengulas mengenai pembelian secara online dan tips-tips yang dapat dilakukan.
  • Survey harga terlebih dahulu
Lakukanlah survey harga terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bertransaksi secara online. Survey dapat anda lakukan dengan membandingkan harga yang ditawarkan antara beberapa toko online maupun membandingkan dengan harga pasaran secara umum. Survey ini harus anda lakukan terutama jika anda ingin membeli barang elektronik secara online.
  • Barang yang dijual sesuai dengan keadaan sebenarnya
Pastikan kepada penjual bahwa barang yang ditawarkan pada websitenya sesuai dengan keadaan sebenarnya dan mintalah jaminan atau garansi jika ternyata barang yang kita pesan tidak sesuai dengan seperti yang ditawarkan pada websitenya.
  • Proses pembayaran dan pengiriman barang
Tanyakan bagaimana proses pembayaran yang akan kita lakukan, biasanya dalam transaksi online pembayaran bisa dilakukan dengan berbagai macam cara yaitu melalui transfer bank, pembayaran saat barang kita terima maupun pembayaran dengan sistem prepaid. Jangan lupa pastikan juga kapan barang yang kita pesan akan dikirim kerumah kita dan butuh waktu berapa lama proses pengiriman barang tersebut.
  • Keamanan
Hal ini merupakan yang paling penting, keamanan disini mutlak dipenuhi oleh penjual online, mereka harus mampu menjamin bahwa mereka tidak akan membocorkan informasi maupun identitas pribadi kita kepada publik, selain itu sebagai pembeli juga kita harus yakin bahwa tempat kita membeli barang secara online tersebut memang dapat dipercaya.
Itulah sedikit Tips Berbelanja Online yang bisa Lintas Berita berikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More