Translate

berita dari news.detik

Kamis, 06 Desember 2012

Kim Jong-Un Masuk di Daftar Orang Berkuasa Dunia Fajar Nugraha

Kim Jong-Un Masuk di Daftar Orang Berkuasa Dunia

Fajar Nugraha
Kamis, 06 Desember 2012 08:05 wib
Kim Jong-Un (Foto: Reuters)
Kim Jong-Un (Foto: Reuters)
WASHINGTON - Pemimpin baru Korea Utara (Korut) masuk dalam daftar orang paling berkuasa di dunia. Pemimpin muda itu mengambil alih kekuasaan di Korut dari almarhum ayahnya, Kim Jong-Il.

Pria berusia 29 tahun itu berada di peringkat 44 dalam daftar yang dikeluar tiap tahun oleh majalah Forbes. Mengingat statusnya yang seperti dewa di Korut dan ambisi nuklirnya, Jong-Un seharusnya bisa berada di peringkat lebih tinggi.

Namun menurut Forbes, Kamis (6/12/2012), beberapa pengamat meyakini bahwa salah satu pamannya merupakan pihak yang berkuasa di Negara Komunis itu. Terlepas dari pengaruh pamannya, Korut masih tetap memuja dirinya. Terbukti dari pujian kepada Jong-Un yang diukir di sebuah sisi bukit.

Satu lagi nama aneh yang masuk ke dalam ini adalah bos kartel narkoba Meksiko Joaquin "El Chapo" Guzman. Pria berbahaya ini adalah pemimpin kartel Sinaloa yang bertanggungjawab mengatur penyelundupan narkoba ke Amerika Serikat (AS). Dia berada di peringkat 63.

Guzman sendiri menjadi masalah besar bagi Presiden AS Barack Obama. Sebagai pemimpin Negara Adikuasa, Obama juga masuk dalam daftar ini. Dirinya bahkan berada di urutan puncak untuk kedua kalinya.

Kanselir Jerman Angela Merkel menjadi satu-satunya perempuan yang berada di 10 besar daftar ini. Merkel berada di urutan kedua di bawah Obama.

Rusia juga tidak ketinggalan memberikan nama dalam daftar orang paling berkuasa di dunia. Presiden Vladimir Putin ada di urutan ketiga di bawah Merkel. Sebagai Presiden Rusia, pantas saja bila Putin masuk dalam daftar tersebut, mengingat status Rusia masih dianggap sebagai saingan utama AS dan negara Eropa Barat lainnya.

Pendiri Microsoft, Bill Gates berada di peringkat empat di bawah Putin. Sementara peringkat kelima, Forbes memasukan nama Paus Benediktus ke-VI.

Berikut daftar 10 besar orang paling berkuasa di dunia versi majalah Forbes:

1. Presiden Amerika Serikat Barack Obama
2. Kanselir Jerman Angela Merkel
3. Presiden Rusia Vladimir Putin
4. Bill Gates
5. Paus Benediktus XVI
6. Kepala Bank Sentral AS Ben Bernanke
7. Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz al Saud
8. Direktur Bank Sentral Eropa Mario Draghi
9. Sekretaris Jenderal Partai Komunis China Xi Jinping
10.Perdana Menteri Inggris David Cameron.(faj)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More