Translate

berita dari news.detik

Minggu, 16 Desember 2012

Jokowi, Tokoh Terpopuler Indonesia di Google

Jokowi, Tokoh Terpopuler Indonesia di Google

Andina Librianty - Okezone
Minggu, 16 Desember 2012 14:16 wib
detail berita
Google (Foto: Telegraph)
JAKARTA - Di penghujung tahun 2012, Google mengumumkan pencarian terpopuler di mesin pencarinya dalam satu tahun ini. Raksasa mesin pencari itu mengumumkan daftar Zietgeist yaitu “semangatnya suatu zaman” berdasarkan hasil dari satu triliun permintaan pencarian yang diterima Google setiap hari

Seluruh daftar pencarian populer itu bisa dilihat di google.com/zeitgeist dan untuk Indonesia secara spesifik di  http://www.google.com/zeitgeist/2012/#indonesia. Nah, Google pun merilis 11 kategori pencarian terpopuler di Indonesia yaitu "Penelusuran", "Orang (Indonesia)", “Orang (Global)”, "Musisi", "Lagu Indonesia",  "Telepon", "Tim Olahraga", "Model Mobil", "Pertandingan", "Merek", dan "Maskapai".

Masing-masing kategori itu berisi 10 nama pencarian ngetren di Indonesia. Untuk kategori "Penelusuran", posisi lima besar berturut-turut diduduki oleh Gangnam Style, Noah, Tomcat, Coboy Junior, dan Gubernur DKI Jakarta Jokowi.

Dari seluruh penduduk Indonesia, orang atau tokoh yang paling populer di pencarian Google Indonesia ialah Gubernur DKI Jakarta, Jokowi. Posisi 9 "Orang Indonesia" terpopuler lainnya secara berutur-turut ditempati oleh Ayu Ting Ting, Budi Doremi, Ade Namnung, Eza Gionino, Judika, Sheila Marcia, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Valia Rahma, dan Cahkra Khan. Sedangkan untuk kategori lain, misalnya Olahraga, ternyata Persib Bandung yang paling banyak ditelusuri pengguna internet Indonesia di Google.

Dilansir dari keterangan resminya, Minggu (16/12/2012), Country Head Google Indonesia Rudy Ramawy mengatakan bahwa Google Zeitgeists tahun ini menunjukkan pertumbuhan yang tinggi dan berkelanjutan dari penggunaan internet di Indonesia. "Masuknya istilah pencarian lokal seperti Pak Jokowi, band musik Noah, dan Persib Bandung menunjukkan bahwa banyak orang Indonesia menggunakan Google sebagai sarana untuk mencari berita dan informasi terbaru, belajar mengenai tokoh dan produk yang menarik serta menemukan hal-hal yang baru," tutur Rudy.

Menurutnya Zeitgeist akhir tahun ini merupakan barometer budaya yang memberikan gambaran nyata dari berbagai peristiwa besar, kenangan tak terlupakan dan berbagai tren yang sedang berkembang di Indonesia pada 2012.
(adl)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More